Penyebab Kucing Diare dan Cara mengatasinya



Bagi pecinta kucing pasti ingin binatang peliharaannya terbebas dari berbagai penyakit atau virus agar tetap sehat dan lucu, bukan? Salah satu penyakit yang cukup membuat para pemilik kucing khawatir adalah mencret atau diare.
Ciri-ciri kucing terkena penyakit mencret atau diare adalah adanya gangguan yang terjadi pada saluran cerna atau usus yang ditandai adanya perubahan pada tinja kucing yang lebih encer dan meningkatkan frekuensi buang air besar yang berlebih pada si puss.

Apabila kucing kesayangan anda sudah terkena penyakit ini, hal pertama yang harus diketahui adalah
penyebab kenapa si puss bisa terkena diare atau mencret. Biasanya penyakit ini terjadi karena infeksi virus yang menyerang kucing yakni adenovirus dan rotavirus. Apabila penyakit ini berlangsung lama bisa dikatakan diare akut dan hal ini terjadi karena alergi makanan, malabsorsi atau bahkan pemberian obat yang berlebih.

Makanan Penyebab Kucing Mencret atau Diare

Sayuran yang Belum di Cuci Bersih

Variasi makanan kucing yang bisa dipilih adalah sayuran, namun perhatikan dulu kebersihannya. Apabila sayuran atau buah-buahan tidak di cuci dengan bersih akan menimbulkan gangguan pada pencernaan kucing yang disebabkan bakteri atau parasit di dalamnya. Sebelum diberikan pada hewan peliharaan anda, cuci terlebih dahulu dan dikukus agar tekstur lebih empuk dan dimudah untuk dimakan.

Pemilihan Produk Susu yang Sembarangan
Kucing yang meminum produk susu dari merk sembarangan dapat menjadi pemicu diare karena pada
dasarnya hewan menggemaskan ini tidak dapat mencerna laktosa. Maksudnya adalah sebagian besar susu mengandung laktosa yang tidak dapat dicerna dengan baik oleh kucing. Makanan lainnya yang menganduk laktosa yakni, keju, susu, es krim dan yogurt.

Makanan Sisa
Jangan biarkan hewan peliharaan anda dibiarkan keluar rumah karena akan membuatnya memakan
makanan sisa atau makanan yang ada di sampah saat kucing lapar. Hal ini menjadi pemicu terganggu nya saluran pencernaan kucing dan membuatnya mencret atau diare.

Minum Air yang Tidak Higenis
Salah satu faktor penyebab kucing mencret karena minum air sembarangan. Hal ini disebabkan karena kucing terlalu bebas keluar masuk rumah dan tidak begitu diperhatikan apakah hewan peliharaan meminum air higenis atau tidak. Selain kucing bisa diare, minum air sembarangan dapat menyebabkan keracunan. Untuk itu, lebih baik batasi area kucing, jangan dibiarkan keluar rumah agar kesehatannya dapat dijaga.

Pemilihan Produk Susu yang Tidak Tepat
Salah satu kondisi tubuh yang dimiliki kucing yakni tidak dapat mencerna laktosa, sebab itu kucing tidak bisa mencerna produk susu. Untuk itu, jangan memberikan produk susu seperti yogurt, krim, keju, susu dan es krim. Daripada memberikan susu atau makanan olahan susu lainnya, lebih baik memberikan air putih.

Sebenarnya ada beberapa minuman dan makanan yang berbahaya bagi kucing. Untuk itu, catlovers harus selalu memperhatikan hewan peliharannya agar tidak mengkonsumsi makanan yang dapat membuat kucing menjadi sakit.









disunting dari pecintakucing.net

Postingan populer dari blog ini

Berbahayakah Dijilati Kucing

Harga Kucing Persia Dan Kucing Anggora Terbaru Oktober – November 2016

Kucing-Kucing Genit. Awas tergoda !!!