Cara Pintar Mengatasi Kucing yang Terkena Diare atau Mencret


Umumnya, apabila kucing kesayangan anda terkena diare atau mencret, nafsu makannya akan berkurang dan tak seperti biasanya. Anda dapat mensiasatinya dengan memberi makanan secara rutin namun dalam porsi yang sedikit. Apabila si puss sudah mengalami mencret hingga 1 minggu bisa dikatakan diare akut.

Cara Pintar Mengatasi Kucing yang Terkena Diare atau Mencret

Memberikan Cairan Oralit Khusus Hewan
Sebenarnya ada beberapa cara mengatasi kucing mencret atau diare yang cukup ampuh dan baik yakni dengan memberinya oralit yang memang khusus untuk kucing agar tak semakin parah. Oralit ini biasanya sudah ada di petshop yang ada di kota anda. Terkadang ada saran yang menganjurkan untuk memberi obat adsorben seperti kaolin.

Obat ini sebenarnya hanya berfungsi untuk meredakan dehidrasi dan tak menghentikan buang air besar secara berlebih. Tips lainnya yakni dengan selalu menjaga kebersihan kucing kesayangan serta kandang agar tak terkena lagi dan mencegah penyebaran penyakit ini ke kucing lainnya.

Memberikan Multivitamin
Tak hanya manusia, kucing juga dapat diberi multivitamin untuk menjaga ketahanan tubuhnya dari
berbagai penyakit. Catlovers dapat membeli di toko-toko hewan terdekat. Selain menjaga ketahanan tubuh, multivitamin khusus kucing ini dapat membantu melawan virus yang menyebabkan diare atau mencret.

Memberi Makan Tempe
Pertolongan lainnya yang dapat anda lakukan pada kucing yang mencret yakni memberikan tempe. Salah satu makanan manusia ini memiliki manfaat yang cukup ampuh untuk mengatasi kucing yang terkena diare. Apabila dirumah catlovers terdapat tempe, masak dulu agar kucing mau memakannya.

Catlovers juga dapat memberikan mulitvitamin dan nutrisi khusus hewan yang dapat dibeli di petshop
terdekat agar tubuh kucing tidak lemas karena banyak mengeluarkan kotoran. Cobalah memberikan obat cacing khusus kucing apabila obat adsorben tak berhasil menangani permasalahan anda. Bisa saja, kucing mencret karena cacingan.

Mencoba Mengganti Makanan yang Diberikan
Mengganti makanan kucing bisa menjadi opsi lainnya yang dapat catlovers lakukan. Apabila penyebab kucing mencret karena pergantian makanan, jangan langsung menggantinya. Lakukan secara bertahap dikit demi sedikit agar kucing terbiasa.

Sementara Tidak Diberi Makan atau Mempuasakan Kucing
Hal ini bertujuan agar dapat menetralisir pencernaan pada kucing yang terkena mencret atau diare. Akan tetapi, catlovers jangan membiarkan kucing tidak makan begitu lama, malah berdampak buruk bagi kesehatan si puss. Apabila kucing dewasa yang terjangkit penyakit ini, durasi untuk tidak diberi makan kurang lebih satu hari atau 24 jam dengan memberi air putih. Sedangkan pada anak kucing hanya 12 jam atau setengah hari.

Menjaga Kebersihan Kandang
Apabila kucing terkena mencret atau diare, cobalah untuk menjaga kebersihan kandang semaksimal
mungkin. Apabila kotoran kucing tidak segera dibersihkan maka membuat kondisi kucing lebih tidak sehat dan memperparah penyakitnya. Namun apabila kucing diare atau mencret disertai darah, BAB yang cukup banyak dengan warna yang pucat, dehidrasi berat pada kucing, lemas dan kucing terlihat sangat mengantuk dan bahkan diare atau mencret lebih dari seminggu segera bawa si puss ke dokter hewan.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengobati kucing yang terkena penyakit mencret atau diare dan dapat anda praktekkan sendiri di rumah. Semoga informasi yang kami berikan dapat membantu permasalahan anda.

pecintakucing.net

Postingan populer dari blog ini

Berbahayakah Dijilati Kucing

Harga Kucing Persia Dan Kucing Anggora Terbaru Oktober – November 2016

Kucing-Kucing Genit. Awas tergoda !!!